News Update :
Home » » Peneliti Bikin Miniatur Karpet Terbang

Peneliti Bikin Miniatur Karpet Terbang

Rabu, 30 Mei 2012 21.57

WASHINGTON - Peneliti bernama Noah Jafferis menciptakan sebuah miniatur karpet terbang. Dengan bahan dasar plastik berbentuk 4 x 1,5 inci. Ia membuat desain purwarupa yang memerlukan tenaga penggerak untuk menerbangkannya.
Dilansir Discovermagazine, Kamis (31/5/2012), pria lulusan Princeton University ini, mengonstruksikan karpet mini buatannya dari dua lembar plastik yang berlapis. Plastik tersebut diikat bersama-sama dan dibagi menjadi masing-masing empat bagian.
Ketika tegangan (voltase) diterapkan, bagian dari permukaan plastik itu akan berkontraksi dan melebar. Sehingga, menimbulkan lembaran plastik yang menekuk seperti gelombang air yang bergerak.
Dengan adanya gelombang tersebut, mampu mendorong udara diantara lembaran dan permukaan landasan dalam satu arah. "Selama lembaran itu bergerak maju, lembaran ini akan (bergerak melayang atau meninggi)," ujar Jafferis.
Untuk saat ini, perangkat purwarupa ciptaannya mendapatkan tenaga melalui kawat empat inci yang melekat pada baterai eksternal. Jafferis berharap bisa memasangkan sumber tenaga yang lebih kuat pada karpet miniatur buatannya itu.
Kabarnya, miniatur itu bisa dibuat ke versi yang lebih besar, dengan harapan mampu mengangkut manusia seperti di film kartun Aladin. Namun sayang, "Kami memerlukan permukaan (plastik) dengan lebar 50 kaki untuk dapat membawa manusia. Itupun hanya akan melayang dengan ketinggian sekira satu atau dua milimeter dari landasan," pungkasnya.
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

 

© Copyright ALRILLA.COM 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.