News Update :
Home » » Nasib AS Tergantung Keamanan di Samudera Pasifik

Nasib AS Tergantung Keamanan di Samudera Pasifik

Rabu, 30 Mei 2012 21.52

WASHINGTON - Jelang kunjungannya ke Asia, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Leon Panetta mengatakan, pentingnya kehadiran Angkatan Laut AS yang kuat di wilayah ini. Panetta pun menegaskan, masa depan AS bergantung pada jaminan keamanan di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.
"AS adalah negara maritim dan kita akan kembali ke identitas maritim kita," tegas Menteri Pertahanan Leon Panetta, seperti diberitakan BBC, Rabu, (30/5/2012).
Hal tersebut disampaikan Panetta ketika berbicara di Akademi Angkatan Laut di Annapolis, AS. Dalam pernyataannya, Panetta juga menekankan pentingnya meningkatkan hubungan dengan sejumlah negara sekutunya di kawasan Asia.
"Penting bagi AS untuk memperkuat hubungan dengan Jepang, Korea Selatan, Australia dan Filipina juga dengan ASEAN," tutur Panetta.
Dihadapan sejumlah perwira AL AS itu Panetta mengatakan, bahwa salah satu yang harus mereka hadapi adalah tantangan dalam mempertahankan kekuatan maritim AS di wilayah Asia Pasifik. "Salah satu proyek utama yang harus dihadapi oleh generasi Anda adalah mempertahankan serta meningkatkan kekuatan maritim AS di seluruh kawasan Asia pasifik," ujar Panetta.
Panetta juga menyinggung terkait perlunya usaha untuk memperkuat hubungan pertahanan dengan China meski diakuinya militer Negeri Tirai Bambu itu terus mengalami perkembangan dan modernisasi. "Kita tetap harus waspada, tetap harus kuat. Namun, kita harus bersiap untuk menghadapi tantangan apapun," tegas Panetta.
Menhan menambahkan, menguatnya hubungan pertahanan dengan China kelak merupakan salah satu kunci dalam menghadapi kerja sama militer dalam sebuah era baru antar kedua negara. Menurut Panetta hal itu dapat membuat kedua negara saling berbagi beban dalam upaya memajukan perdamaian di kawasan Asia Pasifik maupun seluruh dunia.
Pernyataan Panetta tersebut sekaligus mempertegas kembali apa yang pernah disampaikan Presiden Barack Obama dalam kunjungannya di Australia 2011 lalu yakni, fokus strategi baru AS di kawasan Asia Pasifik.
"AS adalah kekuatan di kawasan Pasifik dan kami akan tetap berada disini," ujar Presiden Obama.
AS mempertegas fokus strategi barunya dikawasan Pasifik ditengah meningkatnya kekhawatiran akan pengaruh China serta klaim Negara Tirai Bambu itu terhadap sejumlah wilayah. Panetta dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah negara di Asia seperti Vietnam, India dan Singapura dalam rangka menghadiri konferensi tingkat tinggi keamanan.
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

 

© Copyright ALRILLA.COM 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.